Senin, 07 Januari 2013

Penjelasan tentang Bandwidth, Spektrum frekuensi, DTE & DCE

1)    Bandwidth
     Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda.
Definisi dari Bandwidth adalah banyaknya ukuran suatu data atau informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam sebuah network di waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun data digital. Sekarang sudah menjadi umum jika kata bandwith lebih banyak dipakai untuk mengukur aliran data digital.
Satuan yang dipakai untuk bandwidth adalah Bits Per Second atau sering disingkat Bps. Seperti yang diketahui bahwa bit atau binary digit adalah basis angka yang terdiri dari 0 dan 1. satuan ini menggambarkan berapa banyak bit (angka 0 dan 1) yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lainnya dalam setiap detiknya melalui suatu media.
Terdapat dua macam bandwidth yang bisa dipilih:
a. Mix bandwidth (koneksi international ) atau
b. IIX (koneksi ke situs lokal Indonesia).
      Contoh: Ketika anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, misalnya 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman website ke PC-nya), atau anda upload gambar/file ke account dan sebagainya.
Bandwidth/Site Traffic dihitung per bulan & bisa dilihat di cPanel.
     Jika anda mengenal Telkom Speedy, Bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSL anda, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account.

2)    Spectrum frekuensi
     Spektrum frekuensi dari fenomena gelombang (suara, cahaya atau elektromagnetik) merupakan superposisi dari gelombang frekuensi yang berbeda, Spektrum adalah ukuran dari distribusi amplitudo untuk frekuensi masing-masing. Juga disebut spektrum frekuensi dengan grafik intensitas vs frekuensi panjang gelombang tertentu.

     Spektrum frekuensi atau frekuensi dekomposisi spektral dapat diterapkan untuk setiap konsep yang terkait dengan gerakan frekuensi atau gelombang seperti warna, suara, gelombang elektromagnetik dari radio atau TV dan bahkan perputaran bumi.

     Sebuah sumber cahaya dapat memiliki banyak warna dicampur dalam jumlah yang berbeda (intensitas). Sebuah pelangi, atau prisma transparan, setiap foton dibelokkan sesuai dengan frekuensi mereka di sudut yang sedikit berbeda. Hal ini memungkinkan kita untuk melihat setiap komponen dari cahaya awal secara terpisah. Sebuah grafik dari intensitas setiap warna dibelokkan oleh prisma menunjukkan jumlah setiap warna adalah spektrum frekuensi cahaya atau spektrum cahaya. Ketika semua frekuensi terlihat sama, efeknya adalah "warna" putih, dan spektrum frekuensi adalah seragam, yang diwakili oleh sebuah stripline.

      Demikian pula, sumber gelombang suara merupakan superposisi dari frekuensi yang berbeda. Masing-masing frekuensi merangsang bagian yang berbeda dari kami koklea (rumah siput). Ketika kita mendengar gelombang suara dengan frekuensi dominan tunggal escuhamos catatan. Tapi bukannya peluit atau pukulan mendadak yang merangsang seluruh saraf reseptor, kita katakan yang berisi semua frekuensi dalam kisaran terdengar. Banyak hal di lingkungan kita yang kita sebut frekuensi suara yang sering mengandung kisaran terdengar keseluruhan. Jadi, ketika spektrum frekuensi suara, atau spektrum suara. Ketika spektrum ini diberikan oleh sebuah garis datar, kita katakan bahwa suara terkait adalah white noise.

      Setiap stasiun radio atau TV merupakan sumber gelombang elektromagnetik dan radiasi dekat frekuensi tertentu. Secara keseluruhan frekuensi terkonsentrasi di sebuah band di sekitar frekuensi nominal stasiun, band ini adalah apa yang kita sebut saluran. Sebuah radio yang menerima gelombang elektromagnetik antena yang berbeda kental ke dalam amplitudo tegangan sinyal tunggal, yang pada gilirannya dapat diterjemahkan kembali ke dalam amplitudo sinyal suara, yaitu suara yang Anda dengar saat Anda menghidupkan radio. Tuner saluran radio dipilih, dengan cara yang sama pada reseptor kami koklea memilih catatan khusus. Beberapa saluran lemah dan lain-lain yang kuat. Jika kita membuat grafik intensitas kanal frekuensi dengan hormat untuk mendapatkan spektrum elektromagnetik dari sinyal yang diterima.


3)    DTE dan DCE

•    DTE ( Data Terminal Equipment)
     DTE adalah sebuah perangkat komunikasi yang berfungsi untuk menerima sinyal dari pusat & melanjutkannya ke user. DTE merupaka sebuah peralatan atau subsistem yang saling berhubungan dengan beberapa peralatan yang melakukan fungsi yang diperlukan untuk memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi. Biasanya, perangkat DTE adalah terminal (atau komputer meniru terminal), dan DCE adalah sebuah modem atau perangkat lain milik operator.
•    DCE ( Data Circuit Equipment)
     Data Circuit Equipment (DCE) adalah perangkat yang terletak antara Data Terminal Equipment dan Data Circuit Transmisi . Hal ini juga disebut peralatan komunikasi data dan operator peralatan data. DCE melakukan fungsi seperti sinyal konversi, coding , dan garis clocking dan dapat menjadi bagian dari peralatan DTE. Meskipun istilah yang paling sering digunakan adalah RS-232 , nammun DTE dan DCE merupakan standar dari Peralatan Komunikasi Data yang kedua peralatan tersebut saling berkomunikasi. Nama peralatan yang menggunakan peralatan standar ini adalah sbb: • Federal Standard 1037C , MIL-STD-188 • RS-232 • Beberapa ITU-T standar dalam seri V (terutama V.24 dan V.35) • Beberapa ITU-T standar dalam seri X (terutama X.21 dan X.25) Ketika dua perangkat, DTE dan DCE harus dihubungkan bersama tanpa modem atau media penerjemah, maka harus digunakan kabel crossover, seperti modem null untuk RS-232 atau Ethernet .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar