Senin, 07 Januari 2013

Sejarah os windows, os linux, dan mac os

Berikut sambungan dari Tugas 1 Iqbal pda mata kuliah Sistem Operasi
3)    Sejarah os windows, os linux, dan mac os
    System operasi Windows
    Windows 1.0

 Sedikit mengingat logo Windows asli, namun kita merasa baik menyegarkan dan inspirasi sehubungan dengan pekerjaan yang kita telah lakukan pada visual gaya desain Metro. Menggunakan garis sederhana dan konsep yang jelas ke depan lurus, logo ini mengingatkan kita pada apa nama besar dan menggugah kita miliki dengan "jendela".
    Windows 3.1.1

Windows for Workgroups adalah versi Windows 3.1 yang dirilis pada tahun bulan Oktober 1992 yang sudah tercakup di dalamnya komponen jaringan komputer. Selanjutnya, Microsoft juga mengembangkan update Windows for Workgroups menjadi versi 3.11, yang dirilis pada bulan Desember 1993.
    Windows 98

Bagi banyak dari kita ini adalah gambar dalam pikiran kita ketika kita berpikir tentang logo Windows terakhir. Bentuk jendela sekarang klasik dan pengenalan empat warna adalah keunggulan dari merek Windows selama bertahun-tahun yang akan datang. Pengenalan "efek melambai" memberikan logo rasa gerak. Logo ini akan menjadi dasar dari seluruh versi Windows 1990-an.
    Windows XP

Inkarnasi utama berikutnya dari logo datang dengan peluncuran Windows XP. Apa yang kemudian dikenal sebagai "bendera Windows" adalah merek bersih lebih canggih dari pendahulunya. Versi yang dihuni sudut kiri bawah Windows PC di sebelah tombol "Start" kata juga mendapatkan rasa materialitas (plastik?) Dan efek 3D dari gradien kaya dan bayangan.
    Windows Vista

Windows Vista rilis menandai awal dari estetika desain AERO di Windows dengan komponen kunci dari interface menjadi "kaca AERO" efek. Mengganti tombol Start hijau adalah tombol kaca-seperti bulat dengan versi sekarang rata dari "bendera" dari Windows XP. Secara internal, ikon ini menjadi dikenal sebagai "mutiara". Anda dapat melihat efek pencahayaan yang rumit dari kaca imitasi. Dalam banyak sinyal seberapa kuat mesin render PC telah menjadi. Versi logo sebagian besar tidak berubah untuk Windows 7.
    Windows 7


Windows 7 saat ini sudah memasuki tahap Beta, yang berarti sudah dapat dipastikan sistem operasi terbaru ini tak lama lagi akan hadir. Windows 7 didesain berdasarkan tren yang berkembang dan didesain agar tetap responsif dalam PC dengan spesifikasi minimal, efisien dalam penggunaan energi, dan tetap aman untuk digunakan.
    Windows 8

Logo baru untuk menjadi modern dan klasik dengan menggemakan Gaya tipografi Internasional (atau desain Swiss) yang telah menjadi pengaruh yang besar pada filsafat gaya Metro kami desain. Menggunakan warna-warna datar berani dan garis bersih dan bentuk, logo baru memiliki karakteristik cara-menemukan sistem desain terlihat di bandara dan kereta bawah tanah.

    System operasi linux
       Sejarah Linux diawali dari pengembangan sistem yang bernama UNIX oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie (Biografi ada di ilmukomputer.com) yang berasal dari AT&T Bell labs, pada tahun 1968. Karena tujuan UNIX adalah sistem operasi yang multi user dan multi tasking, maka UNIX ditulis ulang dengan menggunakan bahasa C (sebelumnya menggunakan bahasa B). Hal ini memungkinkan untuk didevelop ke berbagai platform hardware tanpa perlu harus menuliskan kode yang spesifik. Sehingga develop itu masih terus bertahan sampai saat ini. Bell melisensikan sistem operasi ini kebeberapa institusi, salah satunya ke departemen Ilmu Komputer Universitas Berkeley California, yang akhirnya menghasilkan beberapa cloning UNIX dengan kode BSD (Berkeley Software Distribution) Professor Andrew Tanenbaum telah mengembangan sistem operasi Unix yang dapat berjalan pada personal computer yaitu MINIX (Mini UNIX). Namun sistem ini tidak memiliki seluruh fungsi UNIX yang diinginkan mahasiswa saat itu, terutama untuk mahasiswa bernama Linus Trovalds. Linux muncul pada tahun 1991 yang dikembangkan oleh mahasiswa yang bernama Linus Trovalds dengan tujuan membuat sistem operasi gratis dengan kemapuan seperti UNIX tetapi kompatibel dengan PC. September 1991, Linux diluncurkan pertama kali dengan panjang source code 10.239 lines versi 0.01. Perkembangan berikutnya adalah versi 0.95 yang dianggap rilis paling penting, karena mampu menjalankan X Windows System. Pada tanggal 9 Mei 1996, TUX diresmikan sebagai maskot Linux yang dibuat oleh Larry Ewing sesuai dengan pernyataan “Linus likes penguins”. Nama TUX sendiri diambil dari Trovalds Unix untuk menghormati Linus Trovalds sebagai pengembang Linux. Pada awalnya Linux diluncurkan dibawah lisensi yang melarang komersialitas. Tetapi pada perkembangannya, Linus Trovalds mengubah lisensinya menjadi GNU General Public License. Lisensi mengijinkan distribusi atau bahkan penjualan versi Linux yang sudah dimodifikasi tetapi dengan catatan bahwa semua distribusi tersebut haras dibawah lisensi GNU GPL dan harus dengan source code programnya.
Linux memiliki beberapa kelebihan setara dengan UNIX, antara lain:
1. Multi Thread
2. Multi User
3. Multi Processing
4. Manajemen Memori yang bagus
5. Sekuritas
6. File System stabil
7. Ketersedian source code
8. Tersedia dlam versi livecd
    Sejarah system operasi macintosh
Di bawah ini adalah sekilas perkembangan Mac OS:
•    24 Januari 1984
Mac OS pertama dirilis, dengan nama System 1. Apple membuat OS ini sebagai satu-satunya OS di masa itu sepenuhnya GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan OS lain.
•    Januari 1986
System 3 dirilis, dan di OS ini, file system ala hirarki (seperti di Mac OS dan Linux saat ini) diperkenalkan.
•    13 Mei 1991
System 7 dirilis. System 7 ini adalah salah satu OS dari Apple yang memiliki masa pakai cukup lama, dari 1991 sampai 1997.
•    Januari 1997
Mac OS 7.6 dirilis. OS ini adalah Mac pertama yang menggunakan nama Mac di depannya setelah sebelumnya hanya “System” dan angka rilis.
•    22 Juli 1997
Mac OS 8 dirilis, cukup singkat antara versi 7.6 dan 8 ini. Di versi ini juga sebagai penanda akan kembalinya Steve Jobs di Apple setelah sebelumnya dia dipecat. Mac OS 8 terjual sebanyak 3 juta kopi dalam enam bulan saja.
•    23 Oktober 1999
Mac OS 9 dirilis. Mac ini dipandang oleh Apple sebagai OS transisi dari versi 8 ke versi OS X.
•    24 Maret 2000
Versi terpopuler Mac diluncurkan. Mac kali ini bernama Mac OS X. Mac versi ini membawa perubahan desain besar, utamanya adalah apa yang dikenal dengan Aqua, tampilan khas Mac yang membuat Mac terlihat semakin elegan dan modern. Versi ini juga debut dari aplikasi terpopuler Mac, yaitu Dock. Kode nama Mac OS X ini adalah Cheetah.
•    23 Agustus 2002.
Mac OS X 10.2 dirilis. Kode nama kali ini adalah Jaguar.
•    29 April 2005
Mac OS X 10.4 atau dengan kode nama Tiger dirilis. Tiger adalah versi Mac yang sangat ditunggu kedatangannya dan populer. Buktinya adalah terjualnya sebanyak 2 juta kopi dalam jangka enam minggu saja. Tiger juga menjadi Mac pertama dengan menggunakan Intel setelah sebelumnya menggunakanPowerPC.
•    26 Oktober 2007
Mac OS X 10.5 atau versi Leopard dirilis. Selain itu ada beberapa perubahan di Leopard ini, yaitu Cover Flow di Finder, dan fitur yang menjadi jualan utama, yaitu Time Machine.
•    20 Juni 2011
Mac OS X 10.7 dirilis. Kode nama untuk Mac ini adalah Lion. Selain itu ada integrasi yang lebih baik antara iOS dan Mac. Selain itu, Lion menjadi Mac pertama yang bisa diunduh di App Store seharga $29. Fitur yang ada di Lion ada sekitar 250 fitur baru dan diperbarui.
•    16 Februari 2012
Mac OS X 10.8 diumumkan. Kode nama kali ini adalah Mountain Lion. Beberapa fitur yang ada di sini adalah adanya iMessage, lalu integrasi dengan Twitter dan dukungan lebih baik terhadap iCloud.
Nah, sekianlah sejarah dari Mac OS itu sendiri, tertarik untuk memiliki sistem operasi elegan ini? (viaMashable)
                                                                                                        ANDI MUHAMMAD IQBAL’
                                                                                                                   13020110018
                                                                                                                         TIL 3.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar